Selasa, 19 April 2011

AMLODIPIN 5/10 MG

Indikasi Tercantum dalam Dosis.


Dosis Dewasa : PO Stabil angina; HTN; angina Initial Prinzmetal's: 5 mg sekali sehari; sampai 10 mg sekali sehari jika diperlukan.
bisa sesudah dan sebelum makan.

Kontraindikasi : hipersensitif untuk dihydropyridines.
Peringatan Khusus Gangguan hati atau fungsi ginjal, CHF, sindrom sakit sinus, disfungsi ventrikel berat, kardiomiopati hipertrofik, stenosis aorta berat. Perhatian bila digunakan pada pasien dengan stenosis subaortic hipertrofik idiopatik. Lansia, anak-anak. Kehamilan, laktasi.

Merugikan Reaksi : Obat Sakit kepala, edema perifer, kelelahan, mengantuk, mual, sakit perut, flushing, dispepsia, palpitasi, pusing. Jarang pruritus, ruam, dyspnoea, astenia, kram otot.

Berpotensi fatal : Hipotensi, bradikardia, sistem penundaan konduktif dan CCF.

Interaksi Obat Meningkatkan : metabolisme dengan rifampisin. Mengurangi efek hipotensi dengan kalsium. Potentiates thiazide efek diuretik dan ACE inhibitor.

Hindari kombinasi dengan : β-blocker pada pasien dengan nyata gangguan fungsi ventrikel kiri. kadar serum Mei peningkatan substrat CYP1A2 misalnya aminofilin, fluvoxamine, ropinirole. CYP3A4 inhibitor (misalnya klaritromisin, doksisiklin, nicardipine isoniazid,)

Dapat meningkatkan efek dari amlodipine. efek Aditif BP-menurunkan ketika digunakan dengan sildenafil, tadalafil atau vardenafil.

Kategori Kehamilan (US FDA)
Kategori C: Entah studi pada hewan telah menunjukkan efek yang merugikan pada janin (teratogenik atau embryocidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat harus diberikan hanya jika manfaat potensial membenarkan potensi resiko pada janin.

==============================SEMOGA BERMANFAAT===========================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar